Setelah liburan ke suatu kota, rasanya kurang lengkap kalau tidak membeli oleh-oleh berupa panganan khas kota tersebut. Beberapa kota di Indonesia punya ciri khas oleh-oleh sendiri, seperti brownies atau batagor dari Bandung, bakpia dari Jogja, spikoe dari Surabaya, hingga bolu gulung dari Medan.

Seiring dengan kemajuan bisnis dan kuliner di tanah air, sejak dari pertengahan tahun 2016 lalu, para artis Indonesia mulai merambah bisnis di bidang makanan, tepatnya mereka berlomba menjual berbagai kue yang dicap sebagai oleh-oleh kekinian di kota-kota di Indonesia. Penasaran dengan oleh-oleh kekinian apa saja yang bisa kamu cicipi? Berikut Via rangkum 7 oleh-oleh kekinian di Indonesia milik para artis yang bisa kamu beli saat liburan…

Oleh - oleh Malang : Malang Strudel

Ide oleh-oleh kekinian dari para artis dimulai oleh Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar dengan membuka Malang Strudel pada 20 Desember 2014 lalu. Terinspirasi dari strudel khas Austria yang disukai Shireen, mereka lalu memodifikasi kue tersebut dengan lapis pastry dan isi buah-buahan. Salah satunya apel malang. Kini, strudel malang hadir dalam 7 varian rasa yaitu nanas, apel, pisang coklat, keju, strawberry, jeruk, dan mixfruit yang dijual dengan kisaran harga IDR 45.000. Malang Strudel bisa dikunjungi di Jalan Raya Ardimulyo, Singosari, Malang, Jawa Timur.

Oleh - oleh Bandung : Bandung Makuta

Salah satu oleh-oleh kekinian paling hits di Bandung, Bandung Makuta yang dimiliki oleh artis cantik Laudya Cintya Bella mulai beroperasi pada 5 Maret 2017 lalu. Hingga saat ini, Bandung Makuta memiliki banyak peminat dan toko-toko nya selalu ramai antrian. Kue Bandung Makuta merupakan gabungan pastry, bolu di tengah, dengan isian krim aneka rasa. Rasa yang dapat dipilih berupa blueberry, chocolate, cheese, extra cheese, lemon dan caramel. Harga per kotak Bandung Makuta dijual mulai dari harga Rp 55.000 – Rp 65.000. Salah satu lokasi took kue oleh-oleh Bandung ini berada di Jalan Van Deventer No. 2, Bandung.

Oleh - oleh Jogya : Mamahke Jogya

Tidak hanya bakpia dan wingko babat, sekarang di Jogja juga ada satu pilihan oleh-oleh lainnya yaitu Mamahke Jogja milik Zaskia Adya Mecca. Mamahke Jogja berdiri di Jogja sejak 7 Mei 2017 lalu. Toko oleh-oleh di Jogja ini berlokasi di Taman KT 1/329, Selatan Tamansari, Jogjakarta. Mamahke Jogja menawarkan kue lapis pastry aneka rasa yang bisa dipilih seperti tiramisu, cheese, red velvet, choco banana, green tea, double chocolate. Per kotaknya, Mamahke Jogja dijual seharga Rp 55.000 – Rp 60.000.

Oleh - oleh Medan : Medan Napoleon

Bila ke Medan, mungkin kamu akan berpikir untuk membeli Bika Ambon atau Bolu Meranti. Bila ingin coba yang berbeda, mungkin kamu bisa mencoba beli Medan Napoleon milik Irwansyah. Medan Napoleon dibuka sejak Oktober 2016 lalu. Medan Napoleon memiliki 9 varian rasa yaitu Banana Crezy, Cheese, Caramel, Durian, Green Tea, Red Velvet, Great Chocolate, Tiramisu dan Premium Cheese. Medan Napoleon berlokasi di Jalan Wahid Hasyim No 46/35, Medan. Per kotak dibanderol seharga Rp 52.000 – Rp 75.000.

.

Oleh-oleh Cirebon: Cirebon Kelana

Jika Cirebon selama ini terkenal dengan empal gentong nya yang khas, kali ini Cirebon memiliki tambahan oleh-oleh baru. Cirebon Kelana telah buka sejak 21 Mei 2017. Cirebon Kelana yang dimiliki oleh Ussy Pratama, merupakan kue bolu berlapis pastry dengan berbagai rasa di atasnya. Terdapat tujuh varian rasa, yakni gedong kaya, cheese lovers, duren puff, red velvet, choco vanilla, double choco crunchy, dan green tea redbean. Cirebon Kelana juga baru saja mengeluarkan varian rasa terbaru seperti salty caramel dan hazelnut oreo. Cirebon Kelana dapat dikunjungi di Jalan Siliwangi 169, Cirebon.

Oleh-oleh Lampung: Lampung Banana Foster

Pisang memang merupakan buah paling khas dari Lampung. Selain keripik pisang yang kerap menjadi andalah oleh-oleh dari kota ini, kini muncul pendatang baru yaitu Lampung Banana Foster oleh Hengky Kurniawan. Kue bolu pisang ini tersaji dalam berbagai jenis yaitu Banana Foster Caramelized, Banana Foster Cheese, Banana Foster Chocolate, Banana Foster Peanut, dan Banana Foster Nutella. Harga per kotaknya dapat dibeli dengan kisaran Rp 45.000 hingga Rp 55.000. Toko Lampung Banana bisa dikunjungi di Jalan Wolter Mongosidi No 115 Kota Lampung.

Oleh-oleh Surabaya: Surabaya Snowcake

Surabaya juga tidak mau ketinggalan. Zaskia Sungkar membuka Surabaya Snowcake. Berdiri sejak tanggal 7 Januari 2017, Surabaya Snowcake cukup populer di media sosial. Surabaya Snowcake merupakan kue dengan taburan bubuk gula putih di atasnya dan memiliki berbagai varian rasa. Surabaya Snowcake menjual 6 varian rasa antara lain O’Cheese (polos), Cheese, Choco Greentea, Caramel, Choco Banana dan Vanilla. Harga per kotak Surabaya Snowcake berkisar Rp 55.000 hingga Rp 59.000. Kamu dapat membeli oleh-oleh Surabaya ini di Jalan Flores No 15, Surabaya.

Sumber : blog.via.id
Share :
Kategori: BlogKulinerWisata

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami