Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu destinasi wisata Indonesia terbaik yang sedang digemari para wisatawan.Provinsi Kepulauan di Sumatera ini memiliki dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Untuk mencapai Ibukota dari Bangka Belitung yaitu Pangkal Pinang, perjalanan dapat ditempuh menggunakan pesawat atau kapal.

Bangka dan Belitung masing-masing memiliki pesona wisata alam dan kuliner yang berbeda, sehingga para wisatawan memiliki banyak pilihan liburan dan tempat wisata yang bisa dikunjungi. Seiring popularitas wisata kepulauan Bangka Belitung, kepulauan ini semakin dapat di-akses secara mudah. Bila ingin terbang dengan pesawat, wisatawan dapat pesan tiket pesawat ke Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang, bila ingin liburan ke Bangka. Wisatawan juga bisa pesan tiket pesawat ke Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan bila ingin wisata ke Belitung.

Penerbangan ke Pangkal Pinang dapat dilakukan dengan keberangkatan dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Batam, dan kota-kota lainnya, sedangkan penerbangan ke Tanjung Pandan dapat dilakukan dari Jakarta, Yogyakarta, Semarang, Medan, Batam, Denpasar, Palembang, dan kota-kota lainnya. Bila melakukan penerbangan ke Bangka atau Belitung dengan pesawat dari Jakarta, jarak tempuh waktu nya sekitar 30 hingga 45 menit. Cara menuju Bangka Belitung lainnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan kapal.

Harga tiket pesawat ke Pangkal Pinang atau Bangka masih relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp 350.000, sedangkan seiring meningkatnya popularitas Belitung, harga tiket pesawat nya sedikit lebih naik yaitu mulai dari kisaran Rp 450.000. Wisatawan dapat memanfaatkan tiket pesawat promo, seperti di via.com yang memiliki banyak promo tiket pesawat domestik hingga Internasional. Selain dengan pesawat, wisatawan bisa menyebrang dari Bangka ke Belitung dengan Kapal Express Bahari yang kisaran harganya Rp 190.000 sekali perjalanan dan Rp 300.000 pulang pergi untuk kelas VIP atau Rp 160.000 sekali perjalanan dan Rp 250.000 pulang pergi untuk kelas Eksekutif.

Wisata di Bangka sangat cocok untuk para keluarga, karena Bangka memiliki banyak tempat wisata sejarah dan kuliner yang akan membuat para keluarga mengisi liburan di Bangka dengan penuh edukasi, kekayaan budaya dan juga mencicipi kuliner khas yang lezat dengan keluarga. Belitung, dengan dipopulerkan oleh film Laskar Pelangi, menjadi wisata yang lebih tepat dikunjungi oleh para anak muda dan generasi millennial, karena Belitung memiliki banyak tempat yang dikondisikan khusus untuk berfoto dan tempat wisata hits yang “instagrammable”.

Tempat Wisata di Pulau Bangka menawarkan kekayaan wisata alam dan bahari yang menyenangkan baru para wisatawan, tepatnya destinasi wisata Bangka yang sedang hits saat ini adalah Pantai Parai Tenggiri, Pulau Ketawai, Pulau Tanjung Pesona, Danau Kaolin Pangkal Pinang, Bangka Botanical Garden, hingga Museum Timah. Sedangkan tempat wisata di Belitung terbaik yang menjadi favorit para wisatawan saat ini adalah Pantai Tanjung Tinggi, Museum Kata Andrea Hirata, Pantai Batu Berlayar, Danau Kaolin Belitung, Pantai Kanjung Kelayang, Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, dan Pulau Lengkuas.

Wisata kuliner Bangka Belitung menjadi hal yang wajib dilakukan saat liburan ke kepulauan ini. Selain laksa dari Bangka yang terkenal, ada banyak kuliner lezat khas Bangka Belitung yang sayang dilewatkan seperti Es Anggrek Bangka Belitung, Mie Koba Bangka Belitung, Dodol ketan, Kerupuk Kemplang, Pantiaw, Kue Rintak, Bakmi Bangka, Otak-otak Khas Bangka dan Tai Fu Sui atau susu kacang kedelai khas Bangka dan Mie Belitung.

Sumber : blog.via.id
Share :
Kategori: BlogWisata

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami