Bagus? Segar? Bikin adem? Atau apa yang ada di benakmu ketika kali pertama melihat gambar pulau ini? Yang jelas, membuatmu ingin ke sana kan?

Tenang, enggak mahal-mahal kok! Ini bukan Maldives, kalau yang ada di pikiranmu ini adalah Maldives, kamu salah besar! Ini Indonesia, tahu ini pulau apa?

Treasure Bay Bintan di Lagoi (sumber gambar : batamxinwen.com)

Pulau ini adalah Maldives-nya Indonesia, Pulau Bintan namanya. Pulau Bintan adalah salah satu pulau yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini menjadi pulau terbesar di Riau yang dibagi dalam tiga kawasan pemerintahan yakni Kota Tanjung Pinang di Senggarang, Kabupaten Bintan di Bandar Seri Bintan, dan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau di Pulau Dompak.

Sejarah Pulau Bintan

Kalau dilihat di peta, Pulau Bintan itu ada tepat di bawah Negara Singapura. Dulunya, di abad ke-1 Masehi, Pulau Bintan ini menjadi persinggahan kapal dagang India-China. Oleh karena ramai dan strategisnya, dalam sejarah Pulau Bintan juga tercatat pernah diperebutkan oleh pedagang dari Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris.

Soal asal usul Pulau Bintan, nama “Bintan” pada Pulau Bintan punya banyak cerita. Menurut legenda, Bintan adalah gunung berintan. Meskipun nyatanya tidak ada tambang intan di sana, legenda ini cukup memasyarakat. Ada pula yang mengatakan “Bintan” diambil dari Bahasa Melayu “Bentan” yang artinya sakit berlarut-larut.

Meskipun Pulau Bintan adalah pulau terbesar di Riau, menurut data pulau ini boleh dibilang masih jarang penduduknya. Adapun suku asli yang menduduki Pulau Bintan adalah Melayu, Bugis, dan Tionghoa. Kebanyakan dari penduduk Pulau Bintan bekerja di bidang agraris dan kelautan.

Wisata di Pulau Bintan, Terbaik dari Riau

Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia bagian barat, Pulau Bintan memiliki banyak spot-spot menarik yang wajib kamu kunjungi. Rasa-rasanya, seminggu di Pulau Bintan itu belum cukup! Mau ke mana saja kalau kamu berwisata di Pulau Bintan? Simak rekomendasi berikut ya!

1. Pantai Lagoi

Wisata Pulau Bintan Lagoi, julukan utama di Pulau Bintan ini harus kamu kunjungi. Istimewanya, pantai ini dibilang miniatur Singapura karena memang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Ditunjang dengan beragam fasilitas komplit seperti spa, golf, dan resort. Paket wisata Lagoi murah juga sering diburu. Pemandangan indah pantai ini memang juara. Berasa di Maldives!

 Sumber gambar : tourismplacesworld.blogspot.com

2. Pulau Penyengat

Pintu masuk Pulau Penyengat, langsung terlihat pemandangan Masjid Raya Sultan Riau

3. Pantai Trikora

Pantai ini terkenal akan batu granit yang besar. Banyak resort dibangun di daerah ini karena hamparan pasir putihnya yang luas. Paling bagus dikunjungi saat musim kemarau, sebab air laut sedang bening-beningnya dan kamu bisa snorkeling di sini.

4. Pulau Senggarang

Pulau Senggarang adalah pulau yang kental akan budaya dan arsitektur ala Tionghoa. Tempatnya asri, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Pulau ini sering dijadikan destinasi wisata religi oleh masyarakat Tionghoa asal Singapura, sebab peninggalan sejarah berupa kelenteng di sini masih terjaga dan dilestarikan.

5. Pulau Beralas Pasir atau White Sands Island

Layaknya pulau pribadi, White Sands Island ini adalah pulau kecil di Pulau Bintan. Lokasi tepatnya ada di sekitar Teluk Bakau, tidak jauh dari Pulau Trikora. Meskipun kecil, kamu tetap bisa bermain-main kok. Snorkeling, camping, atau mengitari pulau dengan perahu.

6. Hutan Mangrove

Masih di area Pantai Trikora, kamu juga bisa menjelajah hutan mangrove lho. Banyak wisatawan yang menggunakan perahu yang telah disediakan bersama agen tur lokal. Hutan mangrove di Pulau Bintan adalah salah satu hutan mangrove terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara. Aneka satwa seperti monyet, burung, bahkan ular siap menyapamu.

7. Cyrstal Lagoon

Crystal Lagoon adalah pantai buatan pertama yang termegah se-Asia Tenggara. Gradasi warna birunya laut, berpasir putih, dan air yang bening sangat memanjakan mata. Kamu harus cobain deh rasanya renang di laut buatan ini.

8. Gurun Pasir Busung

Tahukah kamu kalau Indonesia juga memiliki gurun pasir? Tidak kalah cantik dengan yang ada di Mesir, Gurun Pasir Busung di Pulau Bintan juga punya keindahan tersendiri. Aksesnya mudah, tapi wisatawan masih jarang mengunjungi tempat ini karena cuacanya yang memang panas. Foto yang instagramable bisa banget kamu dapatkan di sini.

Gurun Pasri Busung benar-benar serasa di gurun sahara ya? Mau kesana Travelania?

9. Danau Biru Kawal

Terletak di Galang Batang, Danau Biru Kawal ini tercipta akibat aktivitas penambangan. Penambangan ini masih aktif sampai sekarang. Cekungan-cekungan penambangan kemudian tergenang air yang memiliki warna biru cantik . Danau Biru Kawal membuat banyak orang penasaran dan banyak dikunjungi pada akhir pekan.

Danau Biru Kawal (Sumber gambar : limakaki.com)

10. Kota Tanjung Pinang

Tidak mau ketinggalan dengan pantai, jalan-jalan di Tanjung Pinang juga harus kamu lakukan kalau lagi di Pulau Bintan. Nikmati wisata kuliner mulai dari seafood sampai makanan khas Melayu dan Bugis lainnya. Acara tahunan di kota ini juga ada, parade bahari Kepri Marine Festival namanya. Parade kostum yang meriah menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung lokal maupun mancanegara. Masih banyak lagi destinasi wisata yang harus kamu kunjungi di Pulau Bintan. Golf, water sport, water park, penangkaran penyu, hingga kemah. Seperti yang kami katakan tadi, seminggu saja tidak cukup!

Sumber gambar : indonesia.biz.id/tanjung-pinang

Yuk, ke Pulau Bintan!

Destinasi yang ciamik, cuaca yang apik, dan orang yang baik-baik membuat berjuta orang di dunia ini ingin mengunjungi Pulau Bintan. Kamu kah salah satunya?
Mau main ke Pulau Bintan tanpa repot, pantengin terus ya website www.travelapak.id dan Media Sosial Resmi Travelapak karena di liburan akhir tahun nanti akan ada banyak promo menarik untuk kamu menjelajah Pulau Bintan!

Dan, Ingat, boleh eksplor dan liburan di Pulau Bintan sepuasnya tapi jangan sampai menebar sampah hingga mengotorinya ya. Jangan mengambil apapun selain gambar, jangan meninggalkan apapun selain jejak, jangan membunuh apapun kecuali waktu. Mari ke Bintan!

Penulis : Salsabillah Hidayatullah
Share :
Kategori: BlogWisata

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami