Komika atau lawakan tunggal atau komedi tunggal dalam bahasa inggris biasa disebut Stand Up Comedy yang secara harfiah berarti komedi berdiri, adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya atau komikanya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik yang akan dibahas oleh sang komika.

Komika di Indonesia sudah banyak jumlahnya dan telah memenangkan berbagai kompetisi sehingga ia dikenal banyak masyarakat. Di setiap daerah juga pasti memiliki ikon dan juga tempat wisata yang keren pula.

Berikut adalah ulasan tentang Begini Hubungan Pariwisata Indonesia dengan Lahirnya Komika.

1. Bandung

Gedung sate, Bandung Jawa Barat

Pertama-tama kita bahas hubungan pariwisata Indonesia dengan lahirnya komika di salah satu kota yang konon merupakan kota metropolitan terbesar di Jawa Barat sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi Jawa Barat dan juga terkenal memiliki kondisi alam yang masih alami serta masyarakat lokal yang sangat ramah, hayoo coba tebak kota apakah ituu?

Iyap! Kota Bandung atau biasa disebut Kota Kembang karena pada zaman dahulu kota ini dinilai sangat cantik karena memiliki banyak pohon dan bunga. Kota Bandung ini adalah kota yang melahirkan komika berbakat terbanyak di Indonesia, beberapa diantaranya :

Ge Pamungkas

Adalah seorang komika atau pelawak jebolan dari kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 2 pada tahun 2012 dan sebagai juara satu serta yang mewakili Kota Bandung. Ge dikenal dengan kemampuan act out-nya saat membawakan materi di panggung dan mampu memperagakan berbagai macam adegan, karakter, dan ekspresi sehingga orang-orang memberinya julukan comic 1000 suara.

Boris Bokir

Adalah komika yang juga menjadi salah satu peserta dari kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV tahun 2012. Boris kelahiran Sumatera Utara dari keluarga Batak tapi ia pernah berkuliah di Universitas Katolik Parahyangan Bandung.

Ciri khas Boris Bokir ketika melakukan Stand Up adalah dengan handuk kecil di pundak kirinya yang menandakan orang perantau dari Batak berprofesi sebagai sopir angkutan atau kenek bus. Boris Bokir juga seringkali menggunakan logat Batak yang kental dan terkadang sedikit diselingi Bahasa Sunda.

Dan masih banyak lagi komika dari Kota Bandung. Selain memiliki komika terbanyak, Kota Bandung juga memiliki tempat pariwisata yang tak kalah keren dengan lawakan para komikanya.

Berikut adalah 3 tempat wisata keren Kota Bandung:

Farmhouse Lembang

Lokasi Farmhouse Lembang ini cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya Bandung – Lembang. Alamat Farmhouse Lembang tepatnya ada di Jl. Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat. Di Farmhouse Lembang ini kamu dapat menikmati fasilitas dan hal menarik yang ada di sini seperti:

  • Rumah Hobbit
    Buat kamu-kamu nih yang suka film ber-genre fantasi pasti sudah familiar dengan karakter Hobbit si makhluk yang bertubuh kurus dan pendek ini terdapat di film Lord of The Rings. Desa Hobbit pertama kali dibangun di Selandia Baru untuk syuting film Lord of The Rings tapi siapa sangka, ternyata di Indonesia juga ada lhoo. Tempatnya instagrammable banget, gak heran deh kalau kita harus antri lama untuk berfoto di sini.
  • Foto Bersama Hewan
    Di sini kita dapat berfoto dan berinteraksi bersama hewan seperti biri-biri, berbagai burung, landak, sapi, kelinci, dan lain-lain.
  • Sewa Kostum Bergaya Eropa dan Spot Foto
    Banyak banget spot untuk foto yang sangat instagrammable apalagi sembari mengenakan kostum bergaya Eropa, serasa berlibur di Eropa tapi murah. Harga sewa Rp. 75.000/jam. Tersedia banyak ukuran dan jenisnya.
Kompleks Farm House Lembang, Bandung

Kebun Teh Sukawana

Kebun teh ini berada di Karyawangi, Parongpong yang terletak lumayan dekat dari Kota Bandung, sekitar 15 kilometer saja jika kamu dari area Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Hal yang dapat kamu lakukan di Kebun Teh Sukawana antara lain:

  • Tea Walk
    Berjalan-jalan di area kebun teh bukannya hal yang menyenangkan bukan? Apalagi suasana Bandung yang sejuk, cocok banget buat kamu yang mau refreshing setelah berkegiatan. Jalan-jalan kecilnya juga membentuk pola yang sangat indah.
  • Camping
    Di sini bebas untuk camping dan kamu dapat memilih area mana saja untuk mendirikan tenda.

Kawah Putih

Terletak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum.
Fasilitas yang dapat kamu nikmatin disini meliputi:

  • Area parkir luas
  • Angkutan khusus menuju lokasi
  • Sarana toilet umum
  • Mushola
  • Café perhutani
  • Warung dan restoran

Bandung kota yang indah sehingga dijuluki Kota Kembang, tempat wisatanyapun kekinian, kreatif dan masih terjaga keindahan alamnya. Maka dari itu lawakan komika milik kota Bandung juga kekinian dan kreatif seperti Ge Pamungkas yang dapat menirukan berbagai macam karakter yang sama dengan tempat wisata Farmhouse Lembang yang dapat menirukan desa Hobbit di Selandia Baru dan memodifikasi dirinya sehingga kita serasa ada di Eropa.

2. Bekasi

Bekasi adalah kota kedua yang akan aku bahas mengenai wisata dan komikanya. Kota Bekasi adalah salah stau kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, nama Bekasi berasal dari kata Bagasi yang mempunyai arti sama dengan candrabaga yaitu nama sungai yang melewati kota ini. Kota ini juga dijuluki sebagai Kota Patriot atau Kota Pejuang. Salah satu komika yang berasal dari bekasi adalah :

Arya Novarianus

Arya Novrianus adalah seorang komika dari Bekasi yang bernaung di komunitas Stand Up Indo Bekasi. Selain menjadi komika, Arya juga berprofesi sebagai penulis yang telah menerbitkan 2 buah buku yaitu “Keluarga Cemarya” dan “TetAnus”. Arya juga aktif membuat cerita bersambung dalam bentuk komik yaitu “Kominakus” yang berisi parodi singkat berdasarkan pengamatannya.

Selain memiliki komika berbakat seperti Arya Novrianus, Bekasi juga memiliki beberapa tempat wisata yang berbakat pula untuk menarik hati sang pengunjung,

Saung Ranggon

Terletak di desa Cikedokan, Cikarang Barat. Saung Ranggon merupakan rumah tradisional kuno yang dibangun sejak abad ke-16.

Pantai Muara Beting

Teretak di Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Di pantai ini terdapat sebuah konservasi hutan bakau seluas 70 hektar. Kamu juga dapat menemui burung-burung cantik di dalam kawasan konservasi hutan bakau pada bulan September sampai Februari. Lutung hitam yang sudah sangat langkapun bertempat tinggal di sini.

Pohon-pohon yang meranggas di Pantai Muara Beting

Curug Parigi

Terletak di perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Bekasi, tepatnya di Jalan Pangkalan 5, Kampung Parigi, Kecamatan Bantargebang, Kota bekasi, Jawa Barat. Curug Parigi biasa disebut sebagai Air Terjun Niagara versi mini yang terkenal di perbatasan Kanada dan Amerika Serikat.

Dibalik kota bekasi yang sibuk dan ramai ternyata masih ada tempat wisata yang masih terjaga sehingga mendapat julukan versi mini dari tempat wisata luar negeri yang terkenal akan keindahannya. Komika dapat mendapatkan materi untuk stand up dari pengamatan sekitar.

3. Malang

Alun-Alun Kota Malang, Jawa Timur

Kota ketiga yang bakal aku bahas adalah Malang yang memiliki beberapa julukan seperti kota pendidikan, kota bunga, kota pelajar, paris for east java, kota kuliner dan kota apel. Kota Malang terkenal dengan udaranya yang sejuk dan biaya hidup yang relatif murah. Tentang julukan, Kota Malang dapat menyandang julukan “kota pendidikan atau kota pelajar” dikarenakan ia memiliki banyak universitas dan sekolahan pastinya, karena biaya hidup yang murah dan tempat belajar yang berkualitas pasti orang luar Malang banyak juga yang minat kan? Ada beberapa Universitas yang mayoritas mahasiswanya adalah orang timur dan orang dari luar malang.

Ada nih dua orang komika kelahiran timur tadi kuliah di Malang dan ikut komunitas stand up di Malang. Mereka adalah:

Arie Kriting

Bernama asli Satriaddin Maharinga Djongki dengan nama panggung Arie Kriting adalah seorang komika serta aktor kelahiran Kendari Sulawesi Tenggara 33 tahun yang lalu. Arie dikenal sebagai juara 3 Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season 3 pada tahun 2013. Arie mulai melawak di panggung-panggung kecil bersama komunitas Stand Up Indo Malang ketika ia berada di bangku kuliah (ITN Malang).

Abdurrahim Arsyad

Seorang komika dan aktor kelahiran Larantuka, Nusa Tenggara Timur yang dikenal sebagai runner up Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-4 tahun 2014. Pria yang kerap disapa Abdur ini adalah lulusan Universitas Muhammadiyah Malang dan saat ini ia sudah menyelesaikan program master studi S2 Matematika di Universitas Negeri Malang. Karier Abdur sebagai komika berawal dari pergaulannya yang mengatakan bahwa Abdur adalah seseorang yang memiliki bakat komedi, sehingga salah satu seorang anggota komunitas Stand Up Indo Malang mengajak Abdur untuk bergabung dalam komunitas tersebut.

Selain komika yang kece, ternyata malang punya tempat wisata gak kalah kece dari komikanya, berikut adalah tempat wisata yang ada di Malang:

Pulau Sempu

Terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pulau ini ditumbuhi pepohonan tropis yang merupakan cagar alam milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau.

Dengan udara yang sejuk dan biaya hidup yang murah bukan berarti lawakan komika dari Malang murahan dan sejuk dingin krik krik garing. Malah komika Malang dengan kerja kerasnya dapat menjadi artis papan atas dan mendapatnya honor yang tidak sedikit pula, untuk masalah lawakannya pastinya bikin panas para penonton karena harus ketawa terus-terusan.

4. Depok

Yang keempat ada Kota Petir atau Kota Depok yang mempunyai petir paling berbahaya di dunia. Selain mempunyai petir, ternyata Depok juga punya Belimbing Dewa yang sangat prospektif dikembangkan di Kota Depok. Di balik petir yang berbahaya pula ternyata Depok juga mempunyai orang dengan lawakan yang berbahaya karena bisa mengocok perutmu.

Salah satu komika dari Depok yang terkenal adalah

Arafah Rianti

Perempuan cantik, berhijab dengan suara yang unik ini adalah Arafah yang lahir di Depok 20 tahun silam. Arafah adalah salah satu finalis Stand Up Comedy Academy season 2 Indosiar. Materi yang dibawakan oleh Arafah memang sulit untuk dicerna karena imajinasinya yang liar dan tinggi namun tetap mengundang tawa orang yang menyaksikannya. Karena inilah Arafah dikenal sebagai perempuan pertama yang absurd di Indonesia.

Selain komika cantik nan unik, Depok juga punya tempat wisata yang tak kalah cantik dan unik daripada komikanya seperti:

Kampung 99 Pepohonan

Membajak sawah, memerah susu kambing, menanam pohon, membuat makanan tradisional, berkuda, naik sampan, berkeliling sembari menikmati suasana pedesaan, memanen sayuran hingga menginap di rumah pohon dapat dilakukan di tempat wisata ini.

Suasana rumah kayu di Kampung 99 Pepohonan, Depok

Ribuan ide dapat diperoleh ketika beraktivitas apalagi di wisata ini yang menyediakan berbagai fasilitas yang bermanfaat dan mendidik, dengan pengamatan sekitar dan refreshing setelah melakukan kegiatan yang melelahkan, seorang komika pasti dapat memikirkan ide liar yang bermunculan kesana kemari apalagi dengan suasana yang mendukung dan jauh dari hiruk piruk kemacetan.

Penulis : ForesterAct
Editor : Salsabillah Hidayatullah
Share :
Kategori: BlogUmumWisata

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami