Taman Nasional Baluran merupakan taman nasional yang terletak di ujung timur Pulau Jawa atau lebih tepatnya lagi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Selain memiliki fungsi utama sebagai kawasan pelestarian alam, taman nasional ini juga dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi alam/pariwisata, penelitian, pendidikan konservasi, dan budidaya.

Taman Nasional Baluran memang dikenal dengan keindahan alam yang tiada duanya. Di taman nasional ini kamu dapat menyaksikan keindahan bintang fajar di langit Baluran, berbagai jenis satwa liar yang hidup di alam bebas, dan keindahan alam lainnya yang dijamin akan membuatmu terpukau.

Taman Nasional Baluran juga dikenal karena memiliki tanah gersang dengan padang savana mendominasi kawasannya. Keindahan padang savana yang sangat alami ini membuat Taman Nasional Baluran juga dikenal dengan julukan “Little Africa in Java” atau “Africa van Java”. Yups! Selamat Datang di Alam Liar!

1. Letak dan Luas Kawasan

Secara geografis Taman Nasional Baluran terletak di 7°29’10” – 7°55’55” LS dan 114°29’10” – 114°39’10” BT. Secara administratif, taman nasional ini terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997, kawasan Taman Nasioal Baluran memiliki luas 25.000 ha. Kawasan taman nasional ini terbagi ke dalam 5 zona yaitu zona inti (12 000 ha), zona rimba (5537 ha), zona pemanfaatan intensif (800 ha), zona pemanfaatan khusus (6780 ha), dan zona rehabilitasi (783 ha).

2. Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Baluran

Kawasan hutan yang ada di Taman Nasional Baluran sangat beragam mulai dari Hutan Tropis, Hutan Hujan Pegunungan, Hutan Pantai, Hutan Mangrove, Hutan Payau hingga Hutan Musim. Kondisi ini menyebabkan Taman Nasional Baluran memiliki tingkat keanekaragaman yang sangat tinggi. Di dalam kawasan terdapat kurang lebih 444 jenis tumbuhan, seperti Ketapang (Terminalia catappa), Kepuh (Sterculia foetida), Mimbo (Azadiracta indica), dan lain sebagainya.

Merak (Pavo muticus) dan Rusa Timur (Cervus Timorensis) pada sore hari di Savana Bekol

Di dalam kawasan taman nasional ini juga terdapat berbagai jenis fauna, bahkan terdapat kurang lebih 47 jenis satwa yang dilindungi seperti Ayam Hutan Merah (Gallus gallus), burung Merak (Pavo muticus), dan lain sebagainya.

Para pengunjung taman nasional tentunya dapat melihat beberapa jenis satwa secara langsung di kawasan Padang Savana Bekol.

Kangkareng perut putih ( Anthacoceros albirostris) dan Kerbau air ( Bubalus Bubaliis)

3. Akses dan Fasilitas

Terdapat beberapa akses yang dapat kamu pilih untuk sampai di kawasan Taman Nasional Baluran. Salah satunya, kamu bisa menggunakan angkutan umum dari Kota Malang ke Taman Nasional Baluran, namun kamu harus rela mengganti kendaraan sebanyak tiga kali. Untuk memasuki kawasan taman nasional ini wisatawan lokal harus membayar Rp 5000/ orang di hari biasa dan Rp 7500/ orang di hari libur, sedangkan untuk wisatawan mancanegara harus membayar Rp 150 000/ orang.

Fasilitas yang tersedia di Taman Nasional Baluran sudah sangat lengkap. Fasilitas yang ada di kawasan ini berupa penginapan, area camping, panjat tebing, pusat informasi, kantor balai, pos jaga, kamar mandi, mushola, kantin, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memilih beberapa lokasi penginapan seperti di dekat Pantai Bama atau di kawasan pegunungan.

Di pintu masuk kawasan Taman Nasional Baluran terdapat penyewaan motor dan mobil jeep. Bagi para wisatawan yang tidak membawa mobil pribadi wajib menyewa kendaraan di sini. Ya, dengan menyewa kendaraan yang ada kamu bisa puas berkeliling kawasan taman nasional. Untuk menyewa jeep kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 300 000 sampai Rp 350 000 per hari dan untuk menyewa motor Rp 100 000 per hari.

4. Pendidikan Konservasi Anak-anak

Pendidikan kobservasi sangatlah penting diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini. Seperti taman nasional lainnya, Taman Nasional Baluran juga berkomitmen untuk menjadi sarana pendidikan konservasi bagi anak-anak.

Pendidikan konservasi dapat dilakukan langsung di alam dengan mengelilingi kawasan Taman Nasionl Baluran sehingga anak-anak lebih mudah memahami arti pentingnya konservasi secara mudah. Di taman nasional ini, tak hanya petugas taman nasional saja yang ikut berperan dalam pendidikan konservasi tetapi beberapa masyarakat sekitar juga ikut membantu memberikan pelayanan bagi wisatawan untuk lebih mengenal arti konservasi dan lingkungan.

5. Padang Savana Bekol

Padang savana di Taman Nasional Baluran dikenal dengan nama “Padang Savana Bekol”. Padang savana terluas di Pulau Jawa ini akan menyuguhkan pemandangan alam liar yang sesungguhkan di depan matamu secara langsung. Kamu memang akan jarang melihat pohon, yang ada hanyalah tanah gersang dengan beberapa semak belukar.

Namun jangan salah ya, kondisi Padang Savana Bekol yang seperti inilah yang menyajikan pemandangan indah ala padang savana di Afrika. Latar belakang Gunung Baluran yang berdiri gagah di belakang Padang Savana Bekol tentunya membuat keindahan Padang Savana Bekol tiada tandingannya.

Tak hanya itu, di Padang Savana Bekol kamu juga dapat melihat aktivitas beragam satwa di habitat aslinya. Penampakan kawanan rusa, banteng, dan kera ekor panjang menjadi peristiwa yang paling ditunggu para pengunjung taman nasional. Jika beruntung kamu juga akan melihat bison bahkan macan tutul lho. Tapi ingat! Satwa yang ada di taman nasional ini adalah satwa liar jadi jangan coba-coba terlalu dekat dengan mereka ya jika tak ingin celaka.

6. Bintang Fajar di Langit Baluran

Bagi kamu yang menginap di Taman Nasional Baluran jangan sampai kamu bangun kesiangan dan melewatkan keindahan langit Baluran di pagi hari ya. Cobalah keluar dari penginapan dan pandanglah langit Baluran. Langit Baluran akan terlihat begitu memukau semburat warna merah, jingga, biru, dan sedikit warna gelap.

Jika kamu melihat langit Baluran dengan lebih seksama lagi, kamu akan menemukan sebuah kilauan yang sangat indah di sebelah timur langit Baluran. Kilauan itu berasal dari “Bintang Fajar” yang selalu muncul tepat ketika matahari akan terbit. Kilauannya yang begitu terang membuat Sang Bintang Fajar sangat mencolok di langit Baluran. Dijamin deh keindahan langit Baluran ini tak akan membuatmu menyesal bangun di pagi hari.

Langit Baluran saat fajar, semburat biru, orange, ungu, dan biru tua berpadu. Menghasilkan siluet yang ciamik

7. Pesona Langit Malam Baluran

Keindahan Taman Nasional Baluran tak hanya dapat dinikmati di siang hari saja lho. Pesona keindahan Taman Nasional Baluran juga dapat kamu nikmati ketika matahari telah tenggelam. Setelah lewat pukul 11 malam listrik akan dipadamkan dan yang tersisa hanyalah kegelapan malam.

Tak perlu takut apa lagi khawatir, kegelapan malam Baluran akan menyuguhkan pesona alam yang sangat memukau. Bagaimana tidak? Di dalam kegelapan malam kamu akan melihat padang savana yang berkilau. Kilauan ini berasal dari ratusan pasang mata rusa yang sedang duduk tenang atau mencari rumput di Padang Savana Bekol.

Tak hanya itu, langit malam Baluran tentunya akan menghipnotis kamu dengan pesona keindahan langitnya yang memukau. Kamu akan melihat samudra bintang dengan bintang-bintang yang bertaburan di langit malam Baluran. Bulan yang memantulkan cahaya juga akan menambah pesona langit malam Baluran. Sungguh pemandangan ini dijamin akan memanjakan matamu.

Tidak adanya bangunan-bangunan tinggi, polusi, atau asap di taman nasional ini kan membuat acara menikmati pesona langit malam Baluran semakin indah. Jika kamu sedang beruntung, tentunya kamu akan melihat bintang jatuh di langit malam Baluran. Sungguh mempesona, bukan?

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran di liburan kamu selanjutnya? Inget liburan? Ingat Baluran. Ingat juga Travelapak! Yuk booking tiket pesawat dan kereta liburan kamu di Travelapak! jangan lupa ajak orang-orang tersayang kamu ya agar liburan lebih menyenangkan!

Sumber foto : lensa.fotokita.net/2015/11/embara-di-bara-padang

Referensi :

Agus. 2018. Biaya masuk Taman Nasional Baluran Banyuwangi + Penginapan Backpacker di Lokasi [internet] [diunduh pada 2018 Juli 22] Terdapat pada: www.jejakpiknik.com/taman-nasional-baluran/

Baluran National Park. Profil Taman Nasional Baluran [internet] [diunggah pada 2018 Juli 22] Terdapat pada: balurannationalpark.web.id/profil-taman-nasional-baluran/

Baluran National Park. Kondisi Flora Fauna [internet] [diunggah pada 2018 Juli 22] Terdapat pada:http://balurannationalpark.web.id/kondisi-flora-fauna/

Shafa F.2012. Yuk, Liburan Akhir Pekan Tak Terlupakan di Baluran [internet] [diunduh pada 2018 Juli 21] Terdapat pada: travel.detik.com/dtravelers_stories/u-1880776/yuk-liburan-akhir-pekan-tak-terlupakan-di-baluran/5

Penulis: Salsabillah Hidayatullah
Share :
Kategori: BlogWisata

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami