Kegiatan mewarnai adalah hal yang lumrah untuk anak seperti makan, minum dan lain-lain. Kegiatan mewarnai bagi anak tidak akan terlaksanakan jika orang tua tidak mengenalkannya sejak dini. Seni dalam bentuk apapun memiliki kekuatan yang besar untuk mempengaruhi emosi sang anak, termasuk seni untuk mewarnai. Seni berfungsi untuk membantu mengembangkan kecerdasan otak sang anak, khususnya otak kanan.

Sumber gambar : www.tribunnews.com/images/regional/view/989662/lomba-mewarnai-hut-ke-25-serambi

Menurut Femi Olivia dalam bukunya yang berjudul Gembira Bermain Corat-Coret, “mewarnai merupakan suatu bentuk kegiatan kreativitas, dimana anak diajak untuk memberikan satu atau beberapa goresan warna pada suatu bentuk atau pola gambar, sehingga terciptalah sebuah kreasi seni.”

Nah, selain dapat membantu mengembangkan kecerdasan otak pada anak ternyata kegiatan mewarnai juga memiliki banyak sekali manfaat.

  • Melatih anak mengenal aneka warna dan namanya
  • Sebagai media berekspresi
  • Mewarnai juga dapat sebagai media untuk mengungkapkan perasaan dirinya.
  • Melatih anak untuk memilh kombinasi warna dan memuat anak untuk belajar keserasian dan keseimbangan warna
  • Meningkatkan stimulasi daya imajinasi dan kreativitas
  • Melatih mengenai objek sehingga anak memahami detail objek yang akan diwarnai terlebih dahulu sebelum mereka mewarnai
  • Melatih anak membuat target. Proses mewarnai membutuhkan satu target yaitu berhasil mewarnai seluruh bidang gambar yang tersedia. Jadi, anak belajar untuk
  • menyelesaikan tugasnya sesuai target.
  • Melatih anak mengenal garis bidang
Hasil karya lomba mewarnai anak-anak. Dari mewarnai anak-anak belajar mengenali lingkungan melalui bentuk dan warna
Sumber gambar : www.tribunnews.com/images/regional/view/989662/lomba-mewarnai-hut-ke-25-serambi dan warnadevia.blogspot.com/2018/03/mewarnai-gambar-mobil-offroad.html

Di awal, anak tidak akan peduli dengan garis batas gambar, hal tersebut wajar dan biarkan saja ia nyaman dengan apa yang dilakukan. Seiring bertambahnya usia si anak, mereka akan mulai menghargai dan memperhatikan garis batas gambar agar mewarnai tanpa keluar garis. Membiasakan anak belajar mewarnai sejak dini akan melatihnya lebik peka terhadap batasan garis.

  • Melatih kemampuan koordinasi antara mata dan tangan. Seperti menggenggam crayon dan memilih warna.
  • Meningkatkan konsentrasi, mewarnai membutuhkan konsentrasi agar ia dapat mendapatkan hasil yang memuaskan.
  • Untuk mengembangan kemampuan motorik, aktivitas mewarnai merupakan aktivitas yang dapat membantu meningkatkan kinerja otot tangan sekaligus mengembangkan motorik sang anak. Perkembangan ini sangat penting karena bersangkutan dengan aktivitasnya kelak seperti mengetik, mengangkat barang atau aktivitas lainnya yang membutuhkan kinerja otot lengan dan tangan.

Pengertian motorik

Menurut Lutan, kemampuan motorik adalah sebagai kapasitas dari seseorang yang berkaitan dengan pelaksanaan dan peragaan suatu keterampilan yang relatif melekat setelah masa kanak-kanak. Menurut Fleishman, kemampuan motorik adalah proses perantara antara stimulus dan respons. Sedangkan menurut Andi Eko P, kemampuan motorik adalah suatu proses gabungan dari stimulus dan respons.

Mewarnai menjadi salah satu alternatif yang cerdas untuk meningkatkan saraf motorik anak. Kemampuan motorik sendiri berasal dari bahas Inggris yaitu Motor Ability. Ternyata banyak juga ya manfaat yang dapat didapatkan sang anak ketika mewarnai. Mulai dari melatih otak kanan, melatih kreativitas dan lain lain. Jadi, masihkah kamu akan mengganggap bahwa kegiatan mewarnai bagi anak adalah hal yang biasa saja?

Ayo para ibu seluruh Indonesia, dukung sang anak agar terus melakukan kegiatan yang bermanfaat. Dan yang harus diingat adalah, biarkanlah sang anak mewarnai dengan bebas dan menentukan warna apa yang diinginkan, jangan terlalu dipaksa agar mereka tidak tertekan dan kecewa. Kadang pula sang anak dapat saja mogok mewarnai karena sang orang tua memberikannya respon yang negatif dan tidak mendukung hasil karya sang anak.

Bagaimanapun hasilnya kamu harus tetap mengapresiasinya agar sang anak senang dan tetap semangat untuk mewarnai, sangat disayangkan bukan jika sang anak tidak memperoleh manfaat yang begitu banyaknya?

Tak ada salahnya juga jika kamu ingin mengikutsertakan sang anak untuk berlomba. Selain sang anak dapat berusaha semaksimal mungkin dan mendapatkan hasil yang memuaskan baginya ia juga bisa dapat apresiasi dari orang lain.

Alangkah senangnya jika karya kita diapresiasi baik oleh orang lain kan? apalagi bisa dapat reward hihi. Karena itulah jangan sungkan dan malu untuk mengikutsertakan sang anak untuk lomba, sang anak juga akan dapat pengalaman dan bisa tau bagaimana rasanya bersaing untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, terkadang pula sang anak bisa dapat teman seperjuangan dari area perlombaan.

Penulis: Salsabillah Hidayatullah
Share :
Kategori: BlogUmum

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami