Adakah di antara kamu yang sewaktu sekolah atau kuliah bergabung di ekstrakurikuler modern dance? Atau hanya sebagai penikmat dari modern dance? Modern dance pasti sudah tidak asing bagimu. Meskipun ada embel-embel “modern”, ini sudah tidak lagi baru di tahun 2018. Meski demikian, tarian seperti ini tetap dianggap modern dance. Modern dance digemari oleh dewasa, remaja hingga anak anak.

Modern dance adalah sebuah gerakan tari modern yang mengekspresikan gerak tubuh yang energik, kreatif atau tidak terstruktur, dan diiringi irama musik yang tidak terikat suatu aturan. Intinya lebih bebas dalam menentukan gerakan dan irama musik. Modern dance secara umum digemari oleh kaum perempuan, namun tidak jarang pula dilakukan oleh kaum laki-laki.

Sejarah Modern Dance di Indonesia

Modern dance atau tari modern di Indonesia masuk dalam kategori seni tari kontemporer. Adalah Bagong Kusudiarjo dan Wisnuwardhana, penari asal Yogyakarta yang pada tahun 1954 pergi ke Amerika untuk mempelajari lebih dalam tentang balet dan modern dance.

Di tahun 1959 saat mereka kembali ke Indonesia, mereka membuat gebrakan baru pada gerakan dan koreografi di tarian Indonesia. Tarian ini sebagai ekspresi individu dan eksplorasi artistik yang berbasis tari tradisional Indonesia. Sehingga, gerakan pada modern dance yang seolah-olah terlihat bebas itu sebenarnya sedikit banyak terinspirasi dari tari tradisional yang sudah ada.

Balet merupakan cikal-bakal lahirnya modern dance di Indonesia. Sumber  gambar : www.aderayanti.com

Tarian ini kemudian menarik perhatian pemerintah Indonesia, hingga penggiat modern dance akhirnya mendapatkan panggung pertamanya pada sekitar tahun 60-an. Begitu pertunjukan modern dance dikenalkan secara umum, tidak sedikit masyarakat yang menaruh minat. Sampai saat ini, modern dance masih dan telah diminati umumnya oleh anak muda.

Tarian Nusantara, Inspirasi Gerakan Modern Dance

Modern dance adalah induk dari beberapa cabang tari. Modern dance masih dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis seperti hip hop, concert dance, breakdance, R&B, freestyle, ballroom dance, dan mungkin masih akan tercipta tarian-tarian modern lainnya.

Mau tahu fakta menarik lainnya tentang modern dance? Yuk, simak serba-serbi modern dance berikut ini!

1. Modern dance terinspirasi dari gerakan tarian nusantara

Pernah tahu tari kecak? Jaipongan? Ronggeng? hingga Poco-poco? Kalau kamu perhatikan, banyak lho dari komunitas atau penari-penari modern dance yang memadukan antara modern dance dan tari tradisional.

Tari pendet dan Tari Kecak dua dari banyak tarian Nusantara yang menjadi inspirasi  bagi gerakan modern dance

Tahukah kamu, di belahan negara lain pun modern dance juga ada yang terinspirasi dari tarian nusantara lho. Perpaduan ini tentunya akan semakin memperkaya gerakan modern dance. Dikreasikan dengan irama musik modern yang senada, tarian nusantara ternyata masih relevan untuk modern dance.

2. Modern dance bebas berekspresi, tapi tidak asal gerak

Bebas adalah karakteristik utama dari modern dance. Namun, kamu tidak bisa asal gerak. Kamu harus mengikuti dan mengatur gerakan agar seirama dan cocok dengan musiknya. Modern dance bahkan memiliki tema atau alur cerita sehingga koreografi yang diciptakan tidak sembarangan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam modern dance antara lain adalah power, musikal, koreografi, tempo musik, ekspresi dan mimik wajah, serta perasaan bahagia ketika melakukan modern dance. Buat kamu yang awam, jangan dikira kalau modern dance ini gampang ya. Sebab ternyata, ada lho buku khusus yang membahas tentang konsep dan praktik modern dance. Keren!

Cherry bel salah satu potret publik figure yang kerap memberikan penampilan gerakan modern dance di sela-sela performance menyanyinya

3. Ada banyak manfaat modern dance untuk kesehatan

Modern dance membuat kita berkeringat, jelas sudah memberi kita manfaat sehat yakni tubuh yang segar bugar. Tidak hanya itu, sebuah studi dari The New England Journal of Medicine menguak beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari modern dance. Seperti meningkatkan daya ingat, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi stres dan depresi, melatih keseimbangan, menurunkan berat badan, membentuk otot, hingga membuat mood menjadi lebih baik.

Lestarikan Tari, Lestarikan Budaya

Melestarikan budaya tidak harus dengan hal-hal rumit. Dengan kamu menonton tarian tradisional yang menjadi inspirasi lahirnya modern dance atau menonton modern dance sekalipun, kamu sudah berkontribusi untuk melestarikan budaya Indonesia. Lebih-lebih, jika kamu menjadi bagian penting dalam tarian tersebut seperti menjadi penari, penata musik, atau koreografer.

Penulis : Salsabillah Hidayatullah
Share :
Kategori: BlogUmum

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami