Tips Terhindar dari Hipotermia Ketika Mendaki Gunung

Hello guys, kali ini kita akan bahas seputar kondisi hipotermia. Untuk kamu yang suka naik gunung pasti sudah sering dengar dengan istilah ini ya. Buat kamu yang belum tahu, hipotermia adalah kondisi saat tubuh kesulitan mengatasi suhu dingin. Biasanya hal ini terjadi jika suhu bagian dalam tubuh di bawah 35 °C. salah satu pemicu kondisi ini yaitu udara yang dingin di gunung guys. Kamu perlu waspada terhadap kondisi ini ya ketika mendaki gunung. Nah, kali ini Travelapak akan bagi-bagi tips seputar pencegahan hipotermia guys. Yuk

Sumber : Hellosehat
  • Lakukan pendakian saat kondisi tubuh sehat

Salah satu penyakit yang menganggu suhu tubuh adalah flu karena salah satu gejalanya adalah demam. Nah, jika kamu menderita flu lebih baik urungkan niatmu untuk pergi mendaki. 

Karena ketika seseorang dalam kondisi flu biasanya lebih cepat merasa kedinginan bahkan di suhu yang normal, apalagi jika mendaki gunung yang tentu suhunya lebih rendah. Hal ini justru meningkatkan resiko mengalami hipotermia.

  • Persiapkan perlengkapan lengkap serta jaket gunung

Suhu di daerah tempat tinggal kamu dengan di gunung sudah pasti berbeda. Oleh sebab itu, kamu perlu membawa jaket. Namun, bukan jaket biasa melainkan jaket gunung yang memiliki bahan yang dibuat untuk mengatasi suhu dingin pegunungan. 

Sumber : Hiconsumption

Bawa pula kantung tidur dan tenda yang berada dalam kondisi yang baik alias tidak berlubang. Jadi, udara dingin yang masuk ke dalam tenda dapat diminimalisir.

  • Bawa baju ganti

Bawalah baju ganti yang cukup, karena ketika pakaianmu basah karena keringat dan hal lain kamu bisa mengganti pakaianmu. Ingat ya guys, pakaian yang basah akan membuat tubuhmu mengigil ketika terkena hembusan udara dingin pegunungan. Hal inilah yang bisa memicu hipotermia. Saat kamu tidur juga jangan lupa untuk mengganti bajumu dengan baju yang kering ya.

Sumber : Detikfoood
  • Bawalah persediaan makanan yang cukup

Ketika kamu kelaparan saat mendaki gunung, tubuh akan cepat kelelahan dan lebih mudah merasakan hawa dingin pula. Perlu untukmu membawa persediaan makanan yang cukup agar tidak kelaparan. Makanan tersebut akan membantu proses penghangatan tubuh bagian dalam guys. Tetap jaga pola makan ya guys.

  • Usahakan mendaki ketika musim kemarau

Peluang untuk kehujanan saat mendaki akan kecil kemungkinannya ketika kamu mendaki saat musim kemarau. Karena jika kamu mendaki saat musim hujan maka perlengkapan dan peralatanmu bisa-bisa basah. 

Sumber : Wia.id

Padahal perlengkapan dan peralatan itu sangat membantumu untuk mencegah terjadinya hipotermia. Jika kamu nekat pergi ketika musim hujan jangan mendaki gunung yang terlalu tinggi ya guys agar jangka waktu pendakiannya singkat.

Oke guys itu dia tips yang bisa kamu ikuti agar terhindar dari hipotermia saat mendaki gunung. Semoga bermanfaat sampai jumpa di post berikutnya. 

Penulis : Noer Hadian Bardi

Share :
Kategori: BlogTips

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami