Kabupaten lebak adalah salah satu kabupaten di provinsi Banten yang terkenal dengan wisata budaya nya. Ya! Budaya dari suku baduy dapat kamu temukan disini. Tetapi, kita tidak akan membahas itu guys. Kita akan kulineran kesana! Kira-kira makanan khas apa yang bisa kamu temukan?

Sumber : Fakta Banten
  1. Leumeung (Lemang)

Makanan khas ini berasal dari Malingping, Lebak, Banten. Leumeung terbuat dari beras ketan berbumbu yang ditambah santan kelapa kental. Kemudian dimasukkan ke dalam bilah-bilah bambu dan dibakar di perapian hingga matang. 

Hidangan ini nikmat disantap saat keadaan masih hangat atau dimakan sesaat bilah bambunya dibelah. Dijamin akan menggugah selera dan memanjakan lidah penikmatnya. Warga Banten Selatan biasanya memakan hidangan ini ditemani dengan telur asin.

  1. Angeun Lada

Angeun Lada adalah sayur yang dicampur dengan daging kerbau atau sapi yang diracik dengan bumbu-bumbu khas Sunda seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan kencur. Lalu diberi tambahan daun khas bernama daun walang. Daun walang mempunyai aroma kuat seperti serangga walang sangit dan banyak dijumpai di daerah selatan Banten. 

Sumber : Travelling yuk

Selain dipakai sebagai campuran masakan, tumbuhan walang ternyata mengandung banyak minyak atsiri. Masyarakat baduy sering memakai tumbuhan ini sebagai pengusir hama padi dengan cara membakarnya di saung huma (Gubug Ladang). Angeun Lada biasanya menjadi menu wajib yang disajikan pada hari-hari besar seperti Lebaran atau acara kumpul keluarga. Makanan ini berasal dari daerah selatan Banten sekitaran Serang bagian Selatan, Pandeglang, dan Lebak. Sayur ini banyak ditemui di warung makan khas Serang yang tersebar di kabupaten Lebak.

Sumber : Resep Nusantara
  1. Sate Bebek

Sate Bebek merupakan salah satu makanan khas Cibeber, Kabupaten Lebak. Sate ini pada umumnya sama dengan sate biasa. Namun, perbedaanya adalah menggunakan daging bebek dan kuah yang terbuat dari gula merah dicampur berbagai bumbu penyedap seperti merica hitam, daun serai, kunyit, kemiri, ketumbar dan bahan lainnya. 

Hidangan ini banyak dijual di berbagai tempat makan yang ada di Kabupaten Lebak sehingga mudah untuk ditemukan. Jadi, gimana? tertarik kulineran di Lebak? 

Penulis : Noer Hadian Bardi

Share :
Kategori: BlogKuliner

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami