Bus malam kerap dijadikan pilihan orang-orang untuk liburan atau pulang ke kampung halaman. Waktu perjalanan menjadi tidak terasa karena digunakan untuk tidur di dalam bus. Namun, perjalanan malam juga rentan membuat tubuh terserang masuk angin atau flu. Nah, berikut ini ada tips yang bisa kamu ikuti agar tidak terserang flu saat bepergian malam.

  1. Bawa jaket tebal

Jika perjalanan menggunakan bus malam yang ber-AC, maka jaket tebal wajib dibawa. Tidak jarang suhu AC pada bus malam akan sangat dingin. Bahkan, ada pula yang AC-nya bocor dan tidak dapat dikecilkan. Hal itu rentan membuat tubuh kedinginan. Jika semalaman terus menerus diterpa dinginnya AC bus malam, kamu akan rentan terkena masuk angin. Ketika suhu ternyata tidak terlalu dingin, jaket bisa dimasukkan tas.

Sumber : DHGate
Sumber : Hello Sehat
  1. Bawa obat flu atau masuk angin

Jika tubuh sudah merasakan gejala flu dan masuk angin, tidak ada salahnya meminum obat untuk mengatasinya. Selain bermanfaat untuk mengatasi gejala, obat flu atau masuk angin juga menyebabkan kantuk. Tentu hal itu sangat membantu proses tidur nyenyak di dalam bus malam sehingga istirahat semakin maksimal.

  1. Bawa vitamin dan suplemen

Flu atau masuk angin bisa disebabkan karena daya tubuh kurang baik. Hal itu bisa disebabkan karena kurangnya asupan vitamin atau suplemen. Oleh karena itu, bawa pula vitamin atau suplemen sebagai bekal perjalanan. Pilih suplemen yang mengandung banyak vitamin C karena mampu memperkuat tubuh terhadap flu atau masuk angin.

Sumber : Amazon
Sumber : Yahoo News
  1. Bawa masker masker

Saat naik bus malam, masker ternyata juga cukup penting. Salah satu fungsinya bisa mencegah tubuh tertular penyakit seperti flu. Memang tidak ada yang bisa memperkirakan kondisi penumpang bus. Bisa jadi ada penumpang yang kondisi kesehatannya sedang tidak baik seperti terkena flu atau masuk angin.

  1. Jaga kesehatan sebelum berangkat

Salah satu cara terbaik agar tidak terkena flu atau masuk angin adalah menjaga kesehatan sebelum berangkat. Caranya bisa dengan makan makanan bergizi dan berolah raga secara teratur. Selain itu, menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan tidur teratur. Lebih baik jika perjalanan dilakukan dengan kondisi cukup tidur.

Sumber : The Pro Athletes

Penulis : Noer Hadian Bardi

Share :
Kategori: BlogTips

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami