Makanan Indonesia yang beranekaragam tidak lepas dari budaya-budaya Indonesia yang sangat banyak. Bahkan beberapa makanan tersebut ada lho yang bisa awet atau tahan lama jika disimpan selama beberapa hari tentunya didalam suhu dingin seperti didalam kulkas. Nah, berikut ini ada beberapa makanan Indonesia yang bisa awet untuk menjadi persediaan makanan kamu.

  1. Rendang

Makanan asal Sumatera Barat ini jika dimasak dan disimpan dengan benar bisa bertahan selama dua bulan lho! Rendang biasanya dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, santan, cabai dan lain-lain kemudian dimasak sampai delapan jam.

Sumber : Foodizz

Setelah dipastikan daging sudah matang sampai ke bagian dalam dan dimasak dengan matang merata bisa langsung dimasukan ke dalam freezer. Rendang juga bisa dimasukan ke dalam plastik anti panas lalu divakum.

Sumber : Grid.id
  1. Semur

Di Indonesia sendiri bahan utama semur bisa bermacam-macam, seperti semur daging, semur ayam, semur telur, tahu, semur lidah, dan semur jengkol. Masakah Indonesia ini bisa menjadi salah satu makanan yang awet dibekukan. Semur memiliki rasa yang manis dan gurih karena diberi kecap pada kuahnya.

Kamu juga bisa menambah kentang dalam hidangan ini. Pastikan jika kamu memasak semur daging, dagingnya sudah matang secara keseluruhan ya.

  1. Gulai

Makanan ini terkenal dengan santan, berwarna kuning dan memiliki rasa gurih selain itu  bahan utamanya pun juga bermacam-macam, terdapat gulai ayam, sapi, kambing, jeroan sapi, dan masih banyak lagi. Gulai bisa dibekukan dengan cara dimasukan ke dalam freezer dan divakum agar bisa lebih awet.

Sumber : Masak Apa Hari Ini
Sumber : Masakan Dapurku
  1. Cakalang Rica

Makanan ini tentu terbuat dari ikan cakalang. Ikan cakalang sendiri mempunyai daging putih dengan tekstur lebih padat dan memiliki serat yang baik. Jika memasak cakalang rica, cakalang digoreng kering terlebih dahulu kemudian dimasak bersama sambal rica.

 Ingat ya, sambalnya harus benar-benar matang. Setelah itu agar bisa bertahan selama satu bulan cakalang rica perlu divakum sebelum bisa dimasukan ke dalam freezer.

Penulis : Noer Hadian Bardi
WhatsApp chat