Masa pandemi seperti sekarang membuat banyak orang khawatir akan terpapar virus tersebut. Salah satu kekhawatiran yang banyak dirasakan adalah berbelanja makanan baik itu di supermarket maupun di toko. Perlu diketahui kekhawatiran ini wajar mengingat banyaknya orang-orang yang mungkin telah terpapar virus menyentuh berbagai benda di tempat-tempat tersebut khususnya menyentuh makanan. Nah, berikut ini ada tips yang bisa kamu ikuti agar kamu merasa aman saat berbelanja makanan.

Sumber : NYTimes
  1. Perhatikan Ketahanan Makanan Jika Disimpan di Luar

Kamu bisa menyimpan makanan diluar selama tiga hari, karena pada umumnya virus akan nonaktif secara perlahan pada suhu kamar dalam waktu delapan jam. Namun, asumsi ini digunakan jika kamu mengira semua makanan terpapar oleh virus.

Kamu perlu perhatikan pula makanan yang akan rusak jika terlalu lama disimpan diluar seperti susu, daging, atau es krim.

  1. Cuci Tangan

Cuci tangan dengan sabun menjadi sesuatu yang wajib dilakukan bahkan sebelum terjadi pandemi seperti ini. Jika kamu khawatir dengan bungkus yang ada pada makanan, pastikan kamu mencuci tanganmu terlebih dahulu sebelum memakan makanannya.

Sumber : Metro.co.uk
Sumber : Modern Farmers
  1. Jangan Cuci Makanan Segar Dengan Sabun

Sabun memang bisa menyingkirkan virus, tetapi jangan sekali-kali kamu mencuci makanan segar seperti buah dan sayur ke dalam sabun. Cara seperti ini justru bisa membahayakan kesehatanmu seperti terjadinya mual, muntah, hingga diare. Kamu cukup mencucinya ke dalam air dingin.

  1. Rawat Tas Belanja

Jika kamu sering menggunakan tas belanja untuk membawa makanan hasil belanjamu, Pastikan kamu mencucinya setelah selesai digunakan. Karena secara teori tentunya barang yang tersentuh ketika sedang berada di tempat belanja bisa menjadi media paparan virus. Jangan lupa mencuci tangan kembali setelah selesai menyimpan barang-barang belanjaan.

Sumber : ABC.net.au
Sumber : Gulf News
  1. Ikuti Aturan yang Berlaku

Untuk mengurangi berbagai resiko terpapar virus ketika berada di luar untuk berbelanja makanan, pastikan kamu tetap mengikuti protokol kesehatan dan aturan yang berlaku yang ada di pasar, supermarket, atau toko. Pastikan kamu menggunakan handsanitizer setibanya di tempat tersebut jika tersedia.

Sebelum keluar pastikan kamu sudah membuat daftar belanja sehingga kamu bisa selesai berbelanja dengan cepat. Jangan lupa tetap jaga jarak sosial minimal 1 meter dari orang lain.

Penulis : Noer Hadian Bardi
WhatsApp chat