Sebelumnya kita sudah membahas tips belanja yang aman agar tidak terpapar virus salah satunya adalah jangan menggunakan bahan yang sembarangan untuk mencuci bahan-bahan makanan segar seperti buah dan sayur tapi cukup gunakan air dingin saja. Tapi banyak yang bertanya-tanya kalau menggunakan air dingin saja apa yakin virus bisa mati? Nah kali ini ada beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk mencuci bahan makanan segar.

Sumber : RD.com
  1. Cuka

Kamu bisa mencapurkan cuka ke dalam air dengan perbandingan satu bagian cuka banding tiga sampai empat bagian air. Kemudian rendam sayur dan buah dalam air campuran tersebut. Cuka dipercaya dapat menghilangkan residu, pesitida, dan bakteri pada makanan. Tapi kamu harus tau bahwa ada beberapa buah dan sayur dengan kulit yang lembek sangat sensitif terhadap cuka. 

  1. Garam

Bahan lain yang bisa kamu gunakan yaitu garam. Kamu bisa mencampurkan garam ke dalam air dengan perbandingan satu bagian garam banding 10 bagian air. Lalu rendam sayur dan buah selama 20 menit dalam larutan air garam tersebut. Campuran air garam ini dipercaya dapat menghilangkan residu pestisida yang ada didalamnya. 

Sumber : Hello Sehat

Tapi kamu perlu hari-hati jika punya penyakit darah tinggi karena larutan air garam bisa meningkatkan tekanan darah.

Sumber : Pikiran Rakyat
  1. Soda Kue

Kamu bisa merendam buah dan sayuran ke dalam larutan air soda kue selama 12 – 15 menit. Kamu cukup mencampurkan dua sendok teh soda kue ke dalam satu liter air. Larutan soda kue efektif bisa membersihkan kotoran yang ada pada sayuran dan buah lho. Sehingga bisa dijadikan alternatif karena garam dan cuka memiliki kelemahan.

Nah itu dia bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk mencuci makanan segarmu agar tidak terpapar virus. Jangan lupa ya guys selain membersihkan bahan makanan yang ada kamu juga harus menjaga pola hidup sehat serta selalu mencuci tangan setelah memegang benda-benda tadi.

Penulis : Noer Hadian Bardi

Share :
Kategori: BlogTips

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami