Dawet mungkin sudah terdengar populer bagi para penggemar minuman tradisional yang ada di Indonesia. Terlebih saat bulan Ramadhan dimana minuman-minuman es lumrah ditemukan dimanapun tak terkecuali es dawet. Tapi kamu sudah tahu belum berbagai ragam jenis dawet? Nah berikut ini ada beberapa jenis dawet yang bisa dijadikan ide minuman yang bisa kamu santap saat berbuka!

Sumber : Resep Hari Ini
  1. Dawet Sukun Ireng

Dawet ini asalnya dari Kota Kendal di Jawa Tengah. Dilihat dari Namanya kamu pasti menerka kalau dawet ini terbuat dari Sukun. Selain dengan Buah Sukun, dawet ini juga dibuat dengan arang hitam lho guys. Seperti dawet pada umumnya, dawet ini juga dicampurkan dengan santan dan gula supaya rasanya menjadi khas es dawet. Konon dawet ini bisa menurunkan kolesterol.

  1. Dawet Telasih

Dawet ini bisa kamu temukan di Surakarta. Seperti dawet pada umumnya dawet ini juga dilengkapi santan dan gula sebagai pemanis dengan sentuhan bubur sumsum dan tak lupa yang membuat dawet ini khas adalah telasih nya. Telasih ini memberi sensasi tersendiri ketika sedang disantap didalam mulut yang membuat berbeda dari es dawet yang lain.

Sumber : Wow Keren
Sumber : Nglayap Cah
  1. Dawet Magelang

Dawet ini berasal dari Magelang yang konon katanya sudah ada sejak zaman penjajahan. Dawet ini punya tiga rasa berbeda karena bahan-bahan nya terbuat dari santan dan gula jawa, terdapat juga tape dan cendol didalamnya. Kamu bisa membayangkan rasa gurih dari santan, manis dari gula jawa, dan asam dari tape bercampur padu menjadi satu.

Penulis : Noer Hadian Bardi
WhatsApp chat