Dataran Tinggi Dieng memiliki berbagai ragam objek wisata yang tentunya sangat layak untuk dikunjungi. Lokasinya yang berada di Dataran Tinggi tentunya membuat daya tarik keindahan alamnya menjadi ciri khas yang sangat menonjol. Selain keindahan alamnya, Dataran Tinggi Dieng juga memiliki bangunan bersejarah juga lho. Bangunan bersejarah berupa Candi ini diklaim sebagai Candi yang berada di ketinggian paling tinggi di Indonesia. Penasaran? Yuk disimak!


Sumber : Festival-Indonesia.id

Candi Arjuna terletak diatas Desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, Kabupaten Banjanegara. Untuk info tambahan, Kawasan Wisata Dieng itu terletak di dua Kabupaten ya guys yaitu di Banjarnegara dan Wonosobo. Menurut para ahli Candi Arjuna ini merupakan banguna bersejarah diatas Dieng, Candi ini dibangun pada masa Wangsa Sanjaya di abad ke-7. Candi ini masih digunakan oleh warga sekitar untuk melakukan upacara pemotongan rambut gimbal lho. Upacara ini lah yang kadang menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi Candi Arjuna.

Candi Arjuna bisa dibilang merupakan komplek Candi yang dkelilingi oleh beberapa Candi. Candi Arjuna memiliki luas kira-kira 36 meter persegi dan tinggi kurang lebih 1 meter dengan atap berstruktur jenjang. Setiap sudut Candi nya berdiri sebuah menara kecil. Ornament candi yang terdapat disini pun terbilang sangat menarik dengan gaya arsitektur Jawa Kuno bertemakan kisah pewayangan. Sehingga, tidak heran jika Candi-candi yang mengelilingi Candi Arjuna diantaranya bernama Candi Semar, Srikandi, Gatotkaca, dan Sembadra.

 

Sumber : Panduan Wisata Dieng

Waktu yang paling direkomendasikan kesini adalah saat musim kemarau. Pada saat ini, suhu di Dataran Tinggi Dieng akan semakin menurun. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat Candi Arjuna dan rumput yang tumbuh disekitarnya akan berubah menjadi hamparan putih karena diselimuti oleh es. Jadi gimana? Kamu penasaran kesini? Yuk ikutan Paket Wisata Dieng – Jogja 4D2N yang akan menemanimu berwisata ke Candi Arjuna.

Penulis : Noer Hadian Bardi

Informasi Lebih lanjut

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan dan profil kami, Anda bisa mengunjungi website resmi kami di www.travelapak.id atau menghubungi kami melalui whatsapp 08 111 121 000.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami dan jadikan Libuaran impianmu menjadi kenyataan bersama Travelapak mitra perjalanan untuk menghadirkan momen-momen mengesankan selama liburan anda!

WhatsApp chat