Gunung Kidul terkenal dengan berbagai tempat wisata nya yang ekstrem dan menantang nyali seperti Goa Pindul dan Pantai Timang. Tapi, beberapa kuliner yang ditawarkan di Gunung Kidul juga lumayan ekstrem untuk dicoba lho! Kira-kira kuliner ekstrem macam apa yang terdapat disini ya? Yuk ikuti perjalanan kuliner Travelapak!

Sumber : KSM Tour
  1. Puthul Goreng

Puthul sendiri adalah sejenis serangga yang banyak terdapat di dedaunan saat awal musim hujan. Larva Puthul sendiri dianggap Hama bagi para petani. Sehingga, banyak warga yang menjadikannya sebagai bahan utama pembuatan makanan. Puthul biasanya dibersihkan dulu dengan air serta sayap nya juga harus dilepaskan dari tubuhnya kemudian digoreng

  1. Kelelawar Bacem

Codot Bacem atau Kelelawar Bacem juga merpakan salah satu makanan ekstrem yang terdapat di Gunung Kidul. Menurut beberapa orang yang pernah mencicipinya, makanan ini memiliki rasa yang manis dengan daging yang sedikit alot. 

Sumber : Phinemo

Konon, makanan ini juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti asma, kencing manis, maupun asam urat. Lebih baik kamu berpikir matang-matang terlebih dulu jika memang benar-benar ingin mencicipi makanan ini disaat pandemi seperti sekarang ya guys.

Sumber : Warta Handayani
  1. Tawon Goreng

Kuliner selanjutnya yang cukup ekstrem adalah Tawon Goreng. Beberapa masyarakat Gunung Kidul biasanya mencari sarang Tawon untuk diambil larva. Larva dicuci bersih untuk kemudian dicampur dengan bumbu dan digoreng. Biasanya, kuliner ini hanya untuk konsumsi pribadi bagi para penduduk di Gunung Kidul.

Penulis : Noer Hadian Bardi

Share :
Kategori: BlogKuliner

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami