Sebagai salah satu daerah istimewa di Indonesia, Jogja memiliki keraton sebagai pusat pemerintahan daerahnya. Keraton sendiri menjadi salah satu daya Tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Tidak lengkap rasanya kalau ke Jogja tapi tidak ke keraton. Nah, kali ini kita akan mengunjungi salah satu bangunan yang masih merupakan bagian dari keraton Jogja yang sering dikunjungi para wisatawan. Yuk ikuti perjalanan Travelapak!

Istana Air Taman Sari Jogja atau biasa dikenal dengan nama Pemandian Putri terletak di Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Yogyakarta. Bangunan dari Istana Air Taman Sari bisa dibilang sudah tidak lagi utuh seperti layaknya dipergunakan saat masih aktif digunakan di zaman dahulu. Tapi, masih ada beberapa spot menarik yang bisa kamu datangi. Salah satunya adalah Kolam Taman Sari.



Sumber : Hargatiket.net

Disana terdapat kolam-kolam dengan semburat air yang berwarna kebiruan. Masing-masing kolam disini pada zaman dahulu memiliki fungsi yang berbeda-beda lho yaitu Umbul Panguras kolam untuk raja, Umbul Kawitan untuk putri-putri raja dan Umbul Pamucar untuk para selir-selir raja.

 

Sumber : Klik Alamat

Spot lain yang biasa digunakan untuk berfoto yaitu Sumur Gumuling. Sumur ini bukan sumur yang biasa kita ketahui, tapi merupakan sebuah masjid bawah tanah lho. Selain sebagai masjid bawah tanah pada zaman dahulu juga digunakan sebagai bunker Ketika kesultanan sedang diserang.  Nah, masjid ini membentuk dua tingkat melingkar dengan bagian tengah yang berlubang yang biasa digunakan oleh imam untuk memimpin sholat.

Nah, lokasi ini lah yang sangat sering digunakan untuk berswafoto. Bahkan banyak juga calon pengantin yang melakukan sesi prewedding disini lho.

Karena Taman Sari tutup cukup awal yaitu jam 2 siang, ada baiknya kamu lebih pagi untuk berkunjung kesini sehingga kamu bisa puas berfoto. Nah, kamu sudah memiliki rencana liburan belum saat tahun baru nanti? Travelapak Siaga (Siap Antar Jogja) akan siap menemanimu liburan ke Jogja selama tahun baru dan akan mengunjungi berbagai wisata menarik di Jogja salah satunya Taman Sari. Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera rencanakan!

 

Sumber : Ide Trips

Penulis : Noer Hadian Bardi

Informasi Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan dan profil kami, Anda bisa mengunjungi website resmi kami di www.travelapak.id atau menghubungi kami melalui whatsapp 08 111 121 000.

Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami dan jadikan Libuaran impianmu menjadi kenyataan bersama Travelapak mitra perjalanan untuk menghadirkan momen-momen mengesankan selama liburan anda!

WhatsApp chat