Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki banyak pemandangan alam yang menakjubkan seperti halnya Kawasan Dieng yang sebelumnya pernah kita bahas sebelumnya. Nah, terdapat satu wisata di Jawa Tengah lainnya yang cukup menarik bagi kamu yang ingin mencoba sensasi pemandian air panas lho. Selain untuk relaksasi, konon pemandian air panas ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit juga. Yuk ikuti terus perjalanan Travelapak!

Sumber : Ahmad Faozan

Pemandian Air Panas Guci terletak di Desa Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Kamu bisa menempuhnya sekitar 30 km dari arah slawi dan sekitar 40 km dari Kota Tegal. Letak pemandian air panas ini ada di lereng Gunung Selamet. Meskipun air panasnya mengalir deras dari atas bukit namun air nya jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna lho.

Pemandian ini juga memiliki 25 pancuran air panas yang memiliki suhu berbeda-beda. Setiap pancuran diberi nama yang berbeda-beda pula sesuai dengan jumlah pancuran yang ada. Dari pancuran ini lah konon dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit khususnya penyakit kulit dan rematik.

Tidak hanya pemandian air panas, kamu juga bisa melihat air terjun lho di Guci. Air terjun yang kamu jumpai juga merupakan air terjun panas. Sungguh sebuah pemandangan yang jarang kamu jumpai bukan. Air terjunnya pun dijuluki curug  kembar karena air terjun nya yang berada di lokasi yang sama. Sayang bukan jika pemandangan langka seperti ini tidak kamu abadikan.

Sumber : Dosen Wisata

Untuk mencapai air terjun ini kamu perlu melewati beberapa turunan yang agak curam dan kamu perlu hati-hati ya karena jalannnya cukup licin. Tapi tentunya perjuangan tersebut akan berbuah manis ketika curug nya mulai terlihat. Jangan lupa untuk melihat kondisi cuaca nya ya karena terkadang Kawasan ini terkadang ditutupi oleh kabut.

Sumber : IG/Paramithaditha

Kamu juga bisa mencoba outbound disini lho. Berbagai paket Outbound dan Camping tersedia di Guci. Tentunya sensasi berkemah di Kawasan Guci yang masih berada di lereng Gunung Selamet akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Tegal seperti buah Ceremai, manisan Pepaya serta berbagai sayuran dan buah-buahan yang bisa kamu bawa untuk buah tangan ya. Jadi, kamu lebih suka mencoba berendam di air panas atau berkemah di Guci?

Penulis : Noer Hadian Bardi
WhatsApp chat