Indonesia sebagai negara maritim tentunya memiliki berbagai destinasi wisata menarik bertemakan pantai dan gugusan kepulauan. Kepulauan yang akan kita kunjungi ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di sebelah utara Pulau Jawa. Keindahannya akan pantai dan wisata alam bawah laut-nya bahkan sudah dikenali para wisatawan asing lho. Yuk ikuti terus perjalanan Travelapak!

Sumber : ANTARA FOTO

Kepulauan Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang terdapat di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Letaknya tepat berada di tengah Laut Jawa dan berjarak kurang lebih 83 km dari pusat kota Jepara. Karimunjawa memiliki sekitar 27 pulau namun hanya 5 pulau saja yang dihuni. Tentu saja letaknya yang berada di tengah laut membuat pantai-pantai di pulau ini sangat menarik untuk disusuri. 

Suasana pantai biru dan hamparan pasir putih akan segera menyambutmu saat sampai di pulau ini. Tentunya cocok untuk menghilangkan rasa lelah dan penat setelah berlama-lama di kapal bukan. Karimunjawa sendiri memiliki beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi. Pantai Ujung Gelam adalah salah satu pantai yang cukup ramai untuk dikunjungi. Selain itu, terdapat Pantai Bunga Jabe yang merupakan pantai dengan berbagai dekorasi menarik seperti hiasan patung dan topeng kayu seperti di film-film.

Kamu hobi melakukan eksplorasi bawah laut dengan cara snorkeling? Nah, di Karimunjawa lah tempat yang tepat untuk menyalurkan hobimu yang satu ini kala liburan. Kondisi air laut-nya masih jernih dengan terumbu karang yang juga sangat indah. Bahkan, pulau ini dikatakan memiliki lebih dari 90 jenis terumbu karang serta 240 jenis ikan hidup di terumbu karang tersebut. Jika kamu tidak hobi snorkeling, kamu juga bisa kok mengunjungi hutan mangrove yang masih sangat asri di pulau ini. 

Sumber : thekarimun.com
Sumber : liputan6

Untuk dapat pergi ke Karimunjawa kamu bisa menggunakan transportasi udara maupun laut. Disana juga terdapat banyak penginapan mulai dari hotel, villa, dan homestay. Salah satu tempat yang jangan sampai kamu lewatkan adalah cobalah untuk berfoto di Bukit Love karena terdapat spot foto bertuliskan Karimunjawa dengan latar belakang laut dan pepohonan yang mengelilingi pulau tersebut.

Penulis : Noer Hadian Bardi
WhatsApp chat