Gunung Semeru yang terletak di Jawa Timur merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pendaki gunung untuk menyalurkan hobinya. Selama pendakian sendiri tentunya akan banyak disuguhi dengan keindahan-keindahan alam serta spot-spot tempat menarik yang mesti kamu kunjungi. Salah satunya adalah Ranu Kumbolo. Bagi para pendaki gunung, Ranu Kumbolo sudah bukan tempat yang asing lagi. Nah, kali ini Travelapak akan mengajakmu jalan-jalan ke sekitaran Gunung Semeru.

  • Daya Tarik Ranu Kumbolo 

Ranu Kumbolo terletak di Kaki Gunung Semeru yang tepatnya berada di Desa Mulyosari, Kec. Pagerwojo, Tulungagung, Jawa Timur. Terletak di ketinggian sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut membuat kawasan sekitar Ranu Kumbolo sangat sejuk. Jadi tidak heran jika tempat ini dijadikan tempat beristirahat bagi para pendaki yang ingin melanjutkan perjalanan ke Puncak. Selain itu, Ranu Kumbolo  merupakan danau air tawar yang digunakan para pendaki untuk mengambil air bersih.

Ranu Kumbolo
Sumber: aneka tempat wisata

Letaknya yang berada di Lereng Gunung membuat Ranu Kumbolo masih alami dan tentunya tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Kamu akan disambut dengan bukit-bukit hijau indah yang mengelilingi danau. Jika kamu tepat berada di sini saat pagi hari, kamu juga bisa melihat matahari yang muncul di antara dua bukit tersebut.

  • Aktivitas Menarik di Ranu Kumbolo

Camping Ranu Kumbolo
Sumber: Pegipegi

Camping atau berkemah merupakan aktivitas yang lumrah dilakukan saat berada di sini. Bahkan banyak para pendaki yang berisitirahat juga sekaligus berkemah di sini. Jika cuaca cerah dan mendukung pada malam hari, kamu bisa menyaksikan keindahan langit-langit yang menunjukkan gugusan bintang di galaksi bima sakti. Jangan lupa untuk membawa berbagai baju dan selimut hangatmu ya mengingat berkemah di sini cukup dingin. 

Selain itu, kamu bisa berburu foto selama di sini mengingat lokasinya yang sangat instagrammable. Tentunya pemandangan saat sunrise dan sunset merupakan momen yang jangan sampai dilewatkan. Salah satu spot lain yang tidak boleh ketinggalan adalah melihat hamparan bunga edelweiss di dekat Ranu Kumbolo. Bunga yang hanya bisa ditemukan di daerah pegunungan ini tentunya sangat layak untuk mendapat bidikan fotografi dari kameramu. Tapi tetap ingat untuk tetap menjaga kealamiannya ya mengingat bunga ini adalah bunga langka. Jika sudah lelah berkeliling dari perburuan spot-spot menarik tadi, Kamu juga bisa sekedar duduk-duduk bersantai sambal menikmati keindahan Ranu Kumbolo atau bahkan memasang hammock di sekitar pepohonan yang ada.

  • Tips Seputar Ranu Kumbolo
Edelweis Ranu Kumbolo
Sumber: Tribunnews

Mengingat lokasinya yang berada di lingkungan yang masih sangat alami maka kamu harus mengikuti beberapa aturan berlaku yang cukup penting diantaranya adalah jangan mandi, buang air, dan berenang di danau. Selain itu, kamu juga harus membawa kantong sampah sendiri agar sisa sampahmu tidak berceceran. Jangan lupa untuk berlatih dan rutin olah raga sebelum datang ke sini mengingat jalurnya merupakan jalur pendakian yang tentunya cukup menguras tenaga. Siapkan juga perbekalan yang cukup. Jadi, apakah kamu tertarik dengan aktvitas apa? berkemah atau hanya sekedar hunting foto saat berada di Ranu Kumbolo?

Penulis: Noer Hadian Bardi

Share :
Kategori: Blog

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami