Melihat Sakura dikebun Raya Cibodas bersama Agen Tour Travel di Depok, Wisata alam berupa pegunungan dan pantai merupakan hal yang biasa dikunjungi oleh para wisatawan saat sedang liburan. Tapi, pernahkah kamu mengunjungi objek wisata berupa Kebun Raya? Konsep wisata Kebun Raya pada umumnya tidak hanya semata-mata untuk wisata saja lho. Tapi sering juga dilengkapi dengan berbagai informasi-informasi menarik terkait kekayaan alam di negara kita. Kali ini, Travelapak akan mengajakmu ke salah satu Kebun Raya yang mungkin sudah tidak terlalu asing bagi para pecinta wisata alam.

Daya Tarik Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango di Desa Cimacan, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat. Kawasan ini bisa ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari Jakarta dan berada di ketinggian 1.275 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 80 hektar. Kebun raya ini memiliki banyak macam tumbuhan yang terdiri dari pohon yang masih muda bahkan yang sudah tua juga.


Sumber: hargatiket.net

Pohon yang paling tua sendiri bahkan sudah berusia 153 tahun dengan nama latin Araucaria Bidwillii Hook atau bisa disebut juga dengan Bunya-bunya. Hingga sekarang, tercatat sebanyak 5831 sample tumbuhan dari 1206 jenis tumbuhan yang ada. Tidak hanya itu, banyak juga spot-spot menarik yang bisa kamu temui di sini Mulai dari Taman Sakura hingga Air Terjun.

Spot Menarik Kebun Raya Cibodas

   
Sumber: lapis bogor sangkuriang
 

Kamu ingin melihat pohon sakura? Tenang, tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, karena kamu bisa menemukannya di Kebun Raya Cibodas. Di sini terdapat satu spot lokasi taman yang dipenuhi dengan pohon sakura di setiap sudutnya. Lokasi kebun raya yang berada di pegununungan dengan suhu yang dingin membuat sakura bisa tumbuh bahkan di negara kita yang notabene beriklim tropis.

Jika kamu ingin melihat sakura nya bermekaran kamu bisa datang sekitar bulan Januari-Februari atau bisa juga sekitar bulan Juli-Agustus. Jika kamu datang di waktu yang tepat tadi, maka kamu akan puas berfoto-foto dengan latar belakang pohon sakura yang indah.

Selain pohon sakura, kamu juga bisa menemukan Air Terjun di sini. Air Terjun Cibeureum merupakan air terjun yang terletak di ketinggian 1675 meter di atas permukaan laut dan masih masuk ke kawasan kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango. Air terjun ini punya ketinggian 50 meter dan dapat ditempuh lewat jalur pendakian yang masih berada di kawasan Cibodas. Persiapkan staminamu jika ingin menyambangi air terjun ini ya. Meski jalurnya berupa pendakian yang melelahkan, namun semua rasa lelah akan berkurang begitu sampai dan melihat keindahan Air Terjun Cibeureum.

Fasilitas Kebun Raya Cibodas

 
Sumber: hello semarang
 

Kamu tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Pengelola kebun raya cibodas sudah mempersiapkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap mulai dari musholla, gazebo, toilet, shelter, bahkan camping ground juga tersedia di sini. Jika kamu membawa anak-anak, di sini juga terdapat taman bermain anak-anak. Untuk masalah makan, kamu juga tidak perlu khawatir karena terdapat banyak outlet dan stand yang menjual makanan ringan hingga berat. Selain hal-hal tadi, juga terdapat mini bus yang siap mengajakmu berkeliling kebun raya. Jadi, tunggu apalagi. Yuk rencanakan liburan, melihat Sakura dikebun Raya Cibodas bersama Agen Tour Travel di Depok

Untuk mengetahui informasi wisata yang lebih lengkap, kunjungi : www.travelapak.id/perjalanan-wisata/ dan untuk pertanyaan tentang seputar wisata silahkan telepon atau whatsapp 08 111 121 000.

Penulis: Noer Hadian Bardi

WhatsApp chat