Gunung Salak yang terletak di antara Kab. Sukabumi dan Kab. Bogor memiliki beberapa wisata andalan khas pegunungan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta membuatnya sering didatangi oleh para pendaki gunung di sekitaran ibukota. Lokasi unik di Gunung Salak yang tidak asing bagi para pendaki adalah Kawah Ratu. Berbagai aktivitas menarik dan spot wisata terbaik bisa kamu temukan di sini untuk sekedar bersantai melupakan kesibukan di Kota. Yuk ikuti perjalanan Travelapak mengunjungi Kawah Ratu.

1. Daya Tarik Kawah Ratu

kawah ratu
Sumber: IG/inezbs

Kawah Ratu Terletak di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya berbatasan dengan Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. Kawah Ratu berada di ketinggian 1437 mdpl sehingga kamu akan mendapatkan suhu udara yang sejuk khas pegunungan pada umumnya. Selain itu, letaknya yang ada di ketinggian tersebut membuat Kawasan di sekitar Kawah Ratu memiliki kekayaan flora dan fauna yang sangat unik seperti tumbuhan-tumbuhan khas pegunungan tropis yang salah satunya adalah pohon damar, serta jika beruntung kamu akan menemukan monyet ekor panjang, owa jawa, dan fauna langka lainnya.

2. Aktivitas Menarik di Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan sebuah kawah yang menjadi bekas dari letusan Gunung Salak. Hingga saat ini, Kawasan kawahnya masih mengeluarkan air dan uap panas yang beraroma belerang. Jadi jangan lupa untuk membawa masker agar kamu tidak keracunan karena kelebihan menghirup gas belerang ya. Di dekat kawah ini juga terdapat sungai bernama sungai Cikaluwung yang memiliki aliran air berwarna biru tosca dengan endapan warna kuning di bawahnya yang lagi-lagi merupakan endapan belerang.

Sumber: Portal Wisata

Di Kawasan Kawah Ratu, kamu bisa menemukan area kemah yang sangat luas. Area kemah yang cukup lengkap fasilitasnya ini bisa kamu coba jika ingin menikmati sensasi liburan dengan berkemah di atas Gunung Salak. Dari tempat ini kamu juga bisa melihat pemandangan matahari terbit yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, terdapat pula Curug atau air terjun yang bisa kamu datangi jika memutuskan untuk liburan ke Kawah Ratu. Beberapa diantaranya adalah Curug 1, 2, 3, Curug Dua Undak dan Curug Ngumpet.

3. Tips Mengunjungi Kawah Ratu

taman nasional gunung halimun salak
Sumber: Highland Camp

Medan jalan untuk mencapai Kawah Ratu bisa dibilang tidak terlalu mudah. Untuk itu, bagi kamu yang merupakan pendaki pemula sebaiknya menyiapkan mental dan fisik sebelumnya ketika memutuskan untuk mendaki Gunung Salak hingga mencapai Kawah Ratu. Usahakan mengunjungi Kawasan ini pada saat musim kemarau karena ketika musim penghujan, medan jalan akan semakin sulit karena licin dan basah. Persiapkan masker serta perbekalan yang cukup dan tetap patuhi berbagai protokol kesehatan dan keselamatan yang ada.

Penulis : Noer Hadian Bardi

Share :

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami