Gunung Kidul memang menyimpan banyak wisata pantai, beberapa bahkan pernah dikunjungi oleh Travelapak lewat beberapa artikel sebelumnya, salah satu pantai yang ada di sana dan kerap kali dijuluki sebagai surga tersembunyi adalah Pantai Pok Tunggal. Kenapa ya bisa dijuluki seperti itu? Serta kegiatan menarik apa saja yang bisa dilakukan di sana? Tetap ikuti perjalanan Travelapak mengunjungi Pantai Pok Tunggal ya!

1. Daya Tarik Pantai Pok Tunggal

pantai pok tunggal
Sumber: Alodiatour

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini disebut sebagai Surga Tersembunyi di Jogja karena pantai ini belum terlalu banyak dikenal oleh para wisatawan pada umumnya. Sehingga pantai ini tidak terlalu ramai. Namun, bukan berarti pemandangan alamnya tidak menarik. Justru kealamiannya masih terjaga. Pasir pantai nya yang putih dan bersih akan segera menyambutmu bersamaan dengan indahnya perbukitan kapur dan tebing-tebing karang dengan ketinggian mencapai 50 meter yang mengililingi pantainya. Hal ini makin membuat kesan eksotis dari pantai ini semakin terlihat.

2. Aktivitas Menarik di Pantai Pok Tunggal

Pantai yang terletak di pesisir selatan pulau Jawa ini memiliki pesona yang indah dengan air laut yang jernih. Siapapun pasti akan tergoda untuk berenang di Pantainya. Belum lagi, gelombang di pantai ini cukup tenang lho jika dibandingkan dengan beberapa pantai yang ada di Pesisir Selatan lainnya. Jadi, kamu bisa aman untuk berenang di Pantai Pok Tunggal jika tetap mematuhi aturan yang ada. Selain berenang, kamu juga bisa mencoba snorkeling atau diving untuk melihat kekayaan biota laut di sekitar Pantai Pok Tunggal.

Sumber: Wisataoke

Salah satu aktivitas lain yang hanya bisa dilakukan di pantai ini yaitu melakukan Rock Climbing atau Panjat Tebing. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa perbukitan kapur atau karst yang ada di sekeliling pantai membuat pantai ini menjadi spot menarik untuk melakukan aktivitas menantang ini. Hal menarik lainnya yang ada di pantai ini adalah adanya sungai bawah tanah yang bahkan air nya bisa diminum oleh para wisatawan yang datang ke sini.

3. Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

pok tunggal
Sumber: Jogja On Stage

Fasilitas untuk wisatawan di pantai ini bisa dikatakan cukup lengkap. Mulai dari lokasi parkir yang memadai untuk mobil dan motor, toilet untuk membilas tubuh dan mengganti pakaian, hingga fasilitas ibadah seperti mushola. Di sini juga terdapat beberapa gazebo kecil dengan payung warna-warni yang berada di sekitaran pantai. Untuk makanan tidak perlu khawatir karena terdapat warung-warung makan dan angkringan yang menyediakan beragam menu makanan, namun kebanyakan adalah makanan berbahan dasar ikan yang didapat dari nelayan sekitar pantai. Nah, tentunya kamu tidak perlu ragu untuk memasukkan Pantai Pok Tunggal ke dalam daftar liburanmu setelah PPKM Darurat Level 4 berakhir bukan?  

Penulis : Noer Hadian Bardi

Share :

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat WhatsApp Kami