Berwisata ala gurun pasir tentunya merupakan sensasi yang cukup berbeda bagi kita yang berada di negara tropis. Gurun pasir di Indonesia yang cukup terkenal diantaranya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo di Jogja yang keindahannya tidak diragukan lagi. Tidak hanya Jogja, Kepulauan Riau pun juga memiliki destinasi wisata menarik berupa Gurun Pasir yang tidak kalah menariknya dengan yang ada di Jogja lho. Tentunya bisa jadi alternatif untuk liburanmu jika berkunjung ke salah satu provinsi yang kaya dengan wisatanya ini. Yuk ikuti perjalanan Travelapak mengunjungi Bintan, Kepulauan Riau.

Daya Tarik Telaga Biru Bintan

                                

Telaga Biru Bintan terletak di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan. Lokasi ini dahulunya merupakan pertambangan bauksit dan pasir yang lama kelamaan menjadi sebuah tempat yang menyerupai Gurun Pasir seluas kurang lebih 6000 hektar. Cekungan bekas area tambangnya juga berubah menjadi sebuah danau yang memiliki air yang biru. Tempat ini lah yang dinamakan telaga biru karena airnya berwarna biru toska dan bening. Lokasi ini juga kerap kali didatangi oleh para pecinta fotografi karena panorama telaga biru disertai pepohonan yang ada di tengah-tengah gurun bagaikan sebuah oasis yang terdapat di Timur Tengah. 

Aktivitas Menarik di Telaga Biru Bintan

Fotografi merupakan aktivitas utama yang bisa kamu lakukan selama di sini. Beberapa spot foto yang tersedia mulai dari ayunan, hiasan bambu, bahkan replika unta yang membuat kesan tegas lokasi gurun pasir juga terdapat di sini. Meskipun tempat ini terlihat seperti gundukan pasir halus, kamu juga harus berhati-hati ya karena pasir yang ada di sini juga terbentuk dari beberapa kerikil kasar berwarna kuning. 

Jika kamu sudah selesai menjelajahi berbagai spot menarik di area gurun, kamu juga bisa mencoba beberapa wahana air di sekitaran telaga. Jika tertarik kamu bisa menyewa perahu kayu maupun kano yang bisa digunakan untuk berkeliling telaga.

Fasilitas di Telaga Biru Bintan

Fasilitas yang bisa kamu temukan saat berada di sini diantaranya adalah area parkir yang cukup luas, jadi kamu tidak perlu khawatir jika harus membawa kendaraan. Selain itu, juga terdapat beberapa warung kecil yang ada di dekat pintu masuk. Apabila lelah karena kepanasan mengingat kondisi tempat wisata ini berada di alam terbuka, kamu bisa bersantai sebentar sambil menikmati beberapa makanan di warung-warung tadi. Bagaimana? Kamu tertarik untuk pergi ke Telaga Biru Bintan?

Penulis: Noer Hadian Bardi

WhatsApp chat