Malang cukup terkenal dengan sebutan Kota Apel. Kebun Apel di daerah Malang bisa tumbuh baik lantaran daerah tumbuhnya apel tersebut memiliki udara yang sejuk khas pegunungan. Berbagai olahan makanan khas yang dapat dijadikan buah tangan dari Malang pun biasanya terbuat dari apel. Tapi tahukah kamu, selain mencicipi berbagai makanan berbahan dasar dari apel, kamu juga bisa melakukan agro wisata ke kebun nya langsung? Penasaran bagaimana rasanya berkunjung ke Kebun Apel? Ikuti terus perjalanan Travelapak!

1. Daya Tarik di Kebun Apel Malang

Kebun Apel Bumiaji Malang
Sumber: Idekunik.com

Kawasan Malang Raya memiliki beberapa agro wisata Kebun Apel, salah satu yang cukup terkenal adalah Kebun Apel di daerah Bumiaji yang tepatnya berada di Jalan Pangeran Diponegoro No 24, Desa Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu atau Jaraknya sekitar 15 km sebelah barat Kabupaten Malang. Di sini kamu tidak hanya sekedar memetik apel dan mencicipinya, Kamu juga akan mendapat pengetahuan berupa jenis-jenis apel yang banyak dikembangkan di Kawasan Malang. Beberapa diantaranya yaitu Manalagi yang sangat umum ditemukan, Rome Beauty, Granny Smith, Anna, serta jenis Wanglin yang paling langka dibudidayakan.

2. Aktivitas Menarik di Kebun Apel Malang

Aktivitas utama di agro wisata ini adalah memetik buah apel langsung dari pohonnya dan bisa langsung sekalian mencicipinya. Pengunjung pun diberi kebebasan untuk memetik apel sepuasnya lho. Selain itu, buah yang tadi sudah dipetik bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk sanak saudara maupun teman saat Kembali dari berlibur nanti. Namun, kamu harus mematuhi ketentuan-ketentuan yang berlaku di setiap kebun jika berniat membawanya sebagai buah tangan ya.

Kebun Apel Bumiaji Malang
Sumber: IG/dedy_agro_apel_bumiaji

Jika kamu berpikir kalau kebun apel ini hanya memiliki aktivitas berupa memetik apel saja, itu tidak sepenuhnya benar. Kamu bisa menemukan berbagai aktivitas menarik lain seperti permainan-permainan outbound yang cukup menguji seberapa besar nyalimu. Permainan seperti Flying Fox, ATV, Fun Fishing, Paintball Combat dan masih banyak aktivitas seru lainnya bisa kamu temukan di beberapa kebun apel di Kawasan Malang Raya.

3. Fasilitas di Kebun Apel Malang


Sumber: Kabarwisata.id

Fasilitas yang ada di Kebun Apel Kawasan Malang cukup lengkap seperti fasilitas toilet dan ibadah seperti mushola, terdapat pula lahan parkir yang kamu perlukan jika membawa kendaraan pribadi, hingga penginapan jika kamu berencana untuk liburan di sana dalam waktu yang lebih lama. Tidak ketinggalan juga toko souvenir berupa pernak-pernik khas Malang tersedia bagi kamu yang ingin membawa oleh-oleh untuk orang terdekatmu selain apel yang sudah kamu petik tentunya.

Untuk informasi wisata selengkapnya : https://www.travelapak.id/perjalanan-wisata/

Penulis: Noer Hadian Bardi

WhatsApp chat